Definisi TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
Teori & Praktek Desain, Pengembangan, Pemanfaatan, Managemen dan Evaluasi Proses dan Sumber untuk Belajar
DOMAIN TP
Desain
- Desain Sistem Pembelajaran
- Desain Pesan
- Strategi Pembelajaran
- Karakteristik Pebelajar
DEFINISI DESAIN
Proses menspesifikasi kondisi untuk belajar dengan tujuan menciptakan strategi dan produk level makro (program dan kurikulum) dan mikro (rencana pembelajaran)
DESAIN SISTEM PEMBELAJARAN
Prosedur yang terorganisir yang mencakup langkah-langkah menganalisis, mendesain, mengembangkan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran
- Menganalisis: proses mengidentifikasi apa yang dipelajari
- Mendesain: proses menspesifikasi bagaimana dipelajari
- Mengembangkan: proses memandu & menghasilkan materi pelajaran
- Melaksanakan: menggunakan materi dan strategi dalam konteks
- Mengevaluasi : menentukan kesesuaian pembelajaran
oDESAIN PESAN
Perencanaan untuk mengatur bentuk fisik pesan itu. (Grabowski)
oMencakup prinsip perhatian, persepsi, dan retensi yang mengatur spesifikasi bentuk fisik pesan yang dimaksud untuk berkomunikasi antara pengirim dan penerima pesan. (Fleming)
KARAKTERISTIK PEBELAJAR
Pengalaman/pengetahuan awal/latar belakang/gaya belajar pebelajar yang berpengaruh pada efektivitas proses belajar
PENGEMBANGAN
· oTeknologi Cetak
· oTeknologi Audio Visual
· oTeknologi Berbasis Komputer Teknologi Terpadu
DEFINISI PENGEMBANGAN
Proses penerjemahan spesifikasi desain kedalam bentuk fisiknya
TEKNOLOGI AUDIO VISUAL
Cara-cara untuk memproduksi atau menyebarkan materi dengan menggunakan mesin mekanis atau elektronis untuk menyajikan pesan audio dan visual
TEKNOLOGI BERDASARKAN KOMPUTER
Cara-cara untuk menghasilkan atau menyebarkan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang didasarkan pada mikro prosesor.
TEKNOLOGI TERPADU
Cara-cara untuk memproduksi dan menyebarkan materi yang mengandung beberapa bentuk media dengan panduan komputer
PEMANFAATAN
Tindakan menggunakan proses dan sumber untuk belajar
Terdiri dari:
· Pemanfaatan Media
· Difusi dan Inovasi
· Implementasi dan Institusionalisasi
· Kebijakan dan Aturan
PEMANFAATAN MEDIA
penggunaan sumber-sumber belajar secara sistematis.Proses pemanfaatan media merupakan proses pembuatan keputusan yang didasarkan pada spesifikasi disain pembelajaran
DIFUSI DAN INOVASI
Penggunaan sumber-sumber belajar secara sistematis.
- Penggunaan materi atau strategi pembelajaran dalam setting sesungguhnya
- Penggunaan inovasi pembelajaran secara terus menerus dan rutin dalam struktur dan kultur organisasi
KEBIJAKAN &ATURAN
Kaidah-kaidah dan tindakan masyarakat yang mempengaruhi difusi dan penggunaan Teknologi Pembelajaran. Kebijakan dan aturan biasanya berkaitan dengan isue etis dan isue ekonomis.
MANAJEMEN
Manajeman adalah Aktifitas pengontrolan Teknologi Pembelajaran melalui perencanaan, organisasi, koordinasi dan supervisi.Dan di bagi mjd:
- Manajemen Proyek
- Manajemen Sumber:Melibatkan perencanaan, monitoring, dan pengontrolan sistem dukungan sumber daya dan layanannya.
- Manajemen Sistem Penyampaian
- Manajemen Informasi:Melibatkan perencanaan, monitoring, pengontrolan penyimpanan, transfer dan pemrosesan informasi untuk memberikan sumber untuk belajar.
EVALUASI
Evaluasi adalah proses penentuan kesesuain pebelajr n belajar
Terdiri dari yaitu:
- Analisis Masalah :Melibatkan penentuan sifat dan parameter masalah dengan menggunakan strategi perolehan informasi dan strategi pembuatan keputusan.
- Penilaian Acuan Patokan :Melibatkan teknik-teknik untuk menentukan penguasaan pebelajar pada isi yang sudah ditentukan.
- Evaluasi Formatif :Melibatkan perolehan informasi mengenai penguasaan dan penggunaan informasi itu sebagai dasar untuk perkembangan lebih lanjut.
- Evaluasi Sumatif :Melibatkan perolehan informasi mengenai penguasaan dan menggunakan informasi ini untuk membuat keputusan tentang pemakaiannya.
0 Comments:
Post a Comment