Teknologi Pendidikan
Proses yang kompleks dan terpadu yang melibatkan manusia, prosedur, ide, peralatan, dan organisasi untuk menganalisis masalah, mencari jalan pemecahan, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengelola pemecahan masalah belajar (siswa)
Teknologi Dalam Pendidikan
Teknologi itu dapat diterapkan pada bidang makanan, kesehatan, keuangan, pelaporan nilai pendidikan dsb.
Penerapanteknologi untuk memfasilitasi penyelenggaraan pendidikan
Sumber Belajar
Pesan
Orang
Bahan
Peralatan
Teknik
Latar
CIRI CIRI SB
- Buku teks –arti sempit
- Pengalaman belajar-arti luas
- tunggal
- kombinasi
- Sengaja dirancang untuk pembelajaran (by design)
- Tidak sengaja dirancang, tapi dapat diberdayakan untuk pembelajaran (by utilization)
Informasi yang disampaikan oleh komponen lain (manusia, alat, bahan), dpt berbentuk ide, fakta, makna, dan data
Contoh:
By design----semua isi ajaran yang tercantum dalam kurikulum tk
By utilization---isi majalah/koran di pasaran yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran
ORANG
Mereka yag bertindak sebagai penyimpan, dan atau menyalurkan pesan, tetapi tdk termasuk mereka yang menjalankan fungsi pengembangan
Contoh:
By design—guru
By utilization—nara sumber
BAHAN
Barang-barang (lazim disebut dgn perangkat lunah “Software”) yang biasanya berisikan pesan untuk menggunakan peralatan, kadang2 bahan itu sendiri sudah merupakan bentuk penyajian
Contoh:
By design—buku pelajaran, CD
By utilization—majalah/koran di pasaran yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran
TEKNIK
Prosedur/ langkah-langkah tertentu dalam menggunakan bahan, alat, latar, dan manusia dalam kerangka penyampaian pesan
Contoh: prosedur penggunaan komputer pembelajaran, prosedur pemanfaatan nara sumber, prosedur penggunaan OHP
LATAR
Situasi sekitar dimana pesan itu diterima
By design: Perpustakaan, ruang kuliah
By Utilization: kebun binatang, pasar
PERSPEKTIF TP
Perspektif TP: Teori
TP adalah teori mengenai bagaimana masalah-masalah yang muncul dalam kegiatan belajar manusia diidentifikasi dan dipecahkan
Perspektif TP : Bidang Garapan
TP adalah suatu bidang yang berkecimpung dalam penerapan suatu proses yang terpadu dan kompleks guna menganalisa dan mmecahkan masalah-masalah yang muncul dalam kegiatan belajar manusia
Perspektif TP : Profesi
Tp adalah suatu profesi terdiri atas suatu usaha terorganisasi guna melaksanakan teori, teknik intelektual, dan penerapan praktis dari teknologi pendidikan
KESIMPULAN
Setiap orang yang melakukan salah satu dari tugas-tugas atau kegiatan dari salah satu fungsi TP yang ada kaitannya dengan sumber belajar, melakukannya menurut ketentuan teori, menggunakan teknik intelektual---orang itu berada dalam bidang teknologi pendidikan
0 Comments:
Post a Comment