Selasa, 05 Januari 2010

TEKNOLOGI PENDIDIKAN


Teknologi Pendidikan
Proses yang kompleks dan terpadu yang melibatkan manusia, prosedur, ide, peralatan, dan organisasi untuk menganalisis masalah, mencari jalan pemecahan, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengelola pemecahan masalah belajar (siswa)

Teknologi Dalam Pendidikan
Teknologi itu dapat diterapkan pada bidang makanan, kesehatan, keuangan, pelaporan nilai pendidikan dsb.
Penerapanteknologi untuk memfasilitasi penyelenggaraan pendidikan

Sumber Belajar
Pesan
Orang
Bahan
Peralatan
Teknik
Latar

CIRI CIRI SB

  • Buku teks –arti sempit
  • Pengalaman belajar-arti luas
Sesuatu yang digunakan untuk memfasilitasi belajar (pesan, orang, bahan, peralatan, teknik, dan latar) yang penggunaannya bisa :
  1. tunggal
  2. kombinasi
KATEGORI SB
  • Sengaja dirancang untuk pembelajaran (by design)
  • Tidak sengaja dirancang, tapi dapat diberdayakan untuk pembelajaran (by utilization)
PESAN
Informasi yang disampaikan oleh komponen lain (manusia, alat, bahan), dpt berbentuk ide, fakta, makna, dan data

Contoh:
By design----semua isi ajaran yang tercantum dalam kurikulum tk
By utilization---isi majalah/koran di pasaran yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran

ORANG
Mereka yag bertindak sebagai penyimpan, dan atau menyalurkan pesan, tetapi tdk termasuk mereka yang menjalankan fungsi pengembangan

Contoh:
By design—guru
By utilization—nara sumber


BAHAN
Barang-barang (lazim disebut dgn perangkat lunah “Software”) yang biasanya berisikan pesan untuk menggunakan peralatan, kadang2 bahan itu sendiri sudah merupakan bentuk penyajian

Contoh:
By design—buku pelajaran, CD
By utilization—majalah/koran di pasaran yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran

TEKNIK
Prosedur/ langkah-langkah tertentu dalam menggunakan bahan, alat, latar, dan manusia dalam kerangka penyampaian pesan
Contoh: prosedur penggunaan komputer pembelajaran, prosedur pemanfaatan nara sumber, prosedur penggunaan OHP

LATAR
Situasi sekitar dimana pesan itu diterima

By design: Perpustakaan, ruang kuliah
By Utilization: kebun binatang, pasar


PERSPEKTIF TP
Perspektif TP: Teori

TP adalah teori mengenai bagaimana masalah-masalah yang muncul dalam kegiatan belajar manusia diidentifikasi dan dipecahkan

Perspektif TP : Bidang Garapan
TP adalah suatu bidang yang berkecimpung dalam penerapan suatu proses yang terpadu dan kompleks guna menganalisa dan mmecahkan masalah-masalah yang muncul dalam kegiatan belajar manusia

Perspektif TP : Profesi
Tp adalah suatu profesi terdiri atas suatu usaha terorganisasi guna melaksanakan teori, teknik intelektual, dan penerapan praktis dari teknologi pendidikan

KESIMPULAN
Setiap orang yang melakukan salah satu dari tugas-tugas atau kegiatan dari salah satu fungsi TP yang ada kaitannya dengan sumber belajar, melakukannya menurut ketentuan teori, menggunakan teknik intelektual---orang itu berada dalam bidang teknologi pendidikan


0 Comments: